Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Motor Listrik

Pajak Motor Listrik: Mengetahui Aturan dan Kewajiban Pemiliknya

×

Pajak Motor Listrik: Mengetahui Aturan dan Kewajiban Pemiliknya

Share this article
10 Model Motor Listrik Vespa Terbaik di Tahun Ini - Nikmati Perjalanan Lancar dan Hemat BBM

Meskipun baru-baru ini pemerintah menghapuskan pajak motor listrik, namun masih ada beberapa yang belum paham tentang kebijakan ini.

Pajak Motor Listrik: Apa yang Harus Kamu Ketahui?

Jika kamu tertarik untuk membeli sepeda motor listrik maka ada beberapa hal yang harus kamu ketahui tentang pajak motor listrik. Berbeda dengan sepeda motor konvensional yang telah lama berada di pasaran, kendaraan listrik masih tergolong baru di Indonesia dan masih memerlukan beberapa penetapan aturan termasuk pajak.

Example 300x600

Sebagai pemilik kendaraan listrik, kamu bertanggung jawab untuk membayar pajak motor listrik. Pemilik kendaraan listrik diwajibkan membayar pajak untuk kendaraannya setiap tahun. Pajak yang dibayarkan akan berbeda-beda tergantung dari kebijakan daerah dan komponen yang terdapat pada kendaraan listrik.

Setiap daerah juga memiliki aturan yang berbeda mengenai tarif pajak motor listrik. Besarnya pajak yang harus dibayar juga akan tergantung dari jenis kendaraan listrik dan kapasitas baterai yang digunakan pada kendaraan tersebut.

Sebagai contoh, di daerah Jakarta, pajak motor listrik yang dikenakan dilihat dari daya baterainya. Motor listrik dengan daya baterai di bawah atau sama dengan 3 kW harus membayar pajak sebesar Rp. 150 ribu dan Rp. 350 ribu untuk yang memiliki daya baterai di atas 3 kW.

Di daerah lain seperti Bali, pajak motor listrik dibreakdown berdasarkan kapasitas baterai dan usia kendaraan. Pajak motor listrik untuk usia di bawah 5 tahun dengan kapasitas baterai di bawah 750 kWh adalah Rp. 165 ribu. Sedangkan untuk yang berusia lebih dari 5 tahun dengan kapasitas baterai yang sama akan membayar pajak sejumlah Rp. 110 ribu.

Perlu diketahui, pajak motor listrik ini juga termasuk dalam penerimaan negara. Dengan membayar pajak motor listrik, pemilik kendaraan listrik dapat berkontribusi pada pembangunan dan memperkuat penerimaan negara.

Jadi, sebagai pemilik kendaraan listrik, kamu perlu mengetahui besarnya pajak yang harus kamu bayar dan aturan di daerahmu terkait pembayaran pajak tersebut. Pajak motor listrik ini penting untuk membantu pemerintah membangun infrastruktur pengisian daya di seluruh Indonesia dan mempromosikan teknologi kendaraan listrik yang lebih ramah lingkungan.

Apa Sanksi Jika Tidak Membayar Pajak Motor Listrik?

Jika kamu tidak membayar pajak motor listrik, maka kamu akan dikenai sanksi administratif berupa bunga sebesar 2% per bulan dari jumlah pajak yang belum dibayar. Jadi semakin lama kamu tidak membayar pajak, semakin besar juga jumlah bunga yang harus kamu bayar.

Example 120x600