Toyota Segarkan Tampilan Land Cruiser Prado

Toyota mengenalkan wujud baru Land Cruiser Prado yang telah ditingkatkan fitur keselamatannya. Muncul untuk pertama kalinya di Frankfurt Motor Show 2017, generasi terbaru Prado kini terlihat lebih modern. Pada bagian eksterior, pabrikan asal Jepang ini menerapkan gaya lebih kekar pada SUV tersebut.

Prado diberi penyegaran terutama pada bagian bonnet yang membuat pengendara mendapatkan pandangan lebih luas. Revisi grille yang kini berbentuk vertikal dan dibalut krom memberikan kesan elegan pada kendaraan.

Bentuk lampu utama juga mendapat sentuhan, guna memperbaiki daya sorot lampu lebih terang ketika menghadapi medan offroad di malam hari. Bagian bawah bemper juga kini lebih tinggi sehingga memberikan rasa percaya diri lebih pada pemiliknya.

Masuk ke dalam kabin, Toyota merubah bagian dashboard, panel instrumen dan shift gear dengan desain baru. Konsol tengah juga kian ciamik dan memberikan kesan simpel.

Toyota Land Cruiser Prado generasi terbaru kini menggunakan teknologi keselamatan lebih canggih dari sebelumnya. Pre-Colision Safety System berfungsi untuk mengurangi dampak serius bagi pejalan kaki ketika terjadi insiden.

Toyota Land Cruiser Prado

Dengan mengoperasikan beberapa kamera seperti di grille depan, di bawah kedua kaca spion samping, dan belakang membuat mobil ini mampu melakukan pengereman secara otonom. Smart active cruise control juga dapat mengurangi kecepatan kendaraan bila diperlukan.

Toyota Land Cruiser Prado juga dilengkapi dengan fitur seperti lane Departure Alerts, Automatic High Beam, Blind Spot Monitor, dan Rear Cross Traffic Alert.

Bicara mesin, di Australia Prado dipasarkan dengan menggunakan mesin 2.8-liter empat silinder turbocharged diesel. Jantung pacu ini diatur dengan sistem elektronik common-rail direct-injection system. Mesin ini menghasilkan tenaga sebesar 174 hp dengan torsi sebesar 450 Nm.

Prado ditawarkan dalam empat varian yakni Premium VX, Kakadu, GX dan GXL. Di Australia sendiri, Prado telah terjual sebanyak 11 ribu uniti lebih selama 2017.

Siapa yang tak mengenal Toyota Land Cruiser? Kalau kalian memang pecinta otomotif, pasti sudah tak asing dengan mobil legend ini, jika kalian bukan pecinta otomotif pun, setidaknya kalian pernah kan melihat mobil yang generasi tua-nya sempat kondang sebagai mobil penculik di sinetron – sinetron tanah air. Dan salah satu varian dari Toyota Land Cruiser yang memiliki dimensi serta mesin lebih kompak kita kenal sebagai Toyota Land Cruiser Prado.

Toyota Land Cruiser Prado generasi yang dijual tahun ini merupakan mobil yang sudah cukup tua, sejak 2009 mobil ini sudah diperkenalkan dan tak ada perubahan secara besar – besaran, setidaknya hingga minggu ini. Dan karena pihak Toyota merasa bahwa sudah saatnya Toyota Land Cruiser Prado mendapatkan ubahan karena umurnya sudah mulai menua, maka memanfaatkan gelaran Frankfurt Motor Show 2017, Toyota Land Cruiser Prado 2018 pun akhirnya diperkenalkan ke publik guna menggeser pendahulunya. Walaupun masih terlihat jelas menggunakan basis yang sama dengan pendahulunya, namun beberapa revisi telah diterapkan di Toyota Land Cruiser Prado 2018 ini, check this out.

Bagian – bagian Toyota Land Cruiser Prado 2018 yang mendapatkan ubahan sebenarnya cukup menyeluruh, mencakup interior dan eksterior serta sektor mesinnya sehingga mobil ini bisa beradaptasi di lebih dari 190 negara di seluruh dunia dimana Land Cruiser terkecil ini dijual. Beberapa bagian yang terlihat berubah adalah kap mesin yang baru, lalu fender, grille, lampu utama, lampu belakang, velg dan juga bumper yang semuanya baru. Ubahan yang menyentuh komponen – komponen tersebut memang tak murni hanya untuk sisi estetika, pihak Toyota mengklaim bahwa ubahan tersebut memiliki tujuan tersendiri.

Tujuan utama adanya detail – detail komponen yang diubah tersebut adalah untuk membantu pengemudi untuk menguasai Toyota Land Cruiser Prado dalam hal bermanuver mengingat ukurannya yang tak kecil. Selain itu bagian pendingin mesin juga mendapat perhatian khusus dari pihak pabrikan. Interior dari Toyota Land Cruiser Prado juga turut diubah dengan dashboard model baru. Sistem infotainment dari mobil ini menggunakan layar sentuh dengan ukuran 8 inci. Untuk pasar Eropa sendiri, Toyota Land Cruiser Prado 2018 akan hadir dengan varian tiga ataupun lima pintu dengan beberapa pilihan mesin.

Pilihan mesin yang disediakan oleh pihak Toyota Eropa adalah mesin berkubikasi 2.800cc empat silinder TurboDiesel yang disandingkan dengan transmisi otomatis dengan enam percepatan ataupun transmisi manual. Mesin tersebut memproduksi tenaga 177 hp dengan torsi 450 Nm. Sedangkan jika anda terganggu dengan suara mesin diesel, anda bisa memilih versi bensin dari Toyota Land Cruiser Prado yang bermesin 2.700cc dengan transmisi manual lima percepatan yang bertenaga 161 hp dan torsi 245 Nm, mirip mesin apa hayo? Lanjut, masih ada pula varian tertinggi dengan mesin 4.000cc bensin dengan tenaga 249 hp dan torsi 381 Nm yang dipasangkan dengan transmisi otomatis enam percepatan.

Kesediaaan varian dan mesin tersebut tentunya mengkuti tiap pasar di Eropa maupun negara – negara lain di luar eropa. Namun kehadiran generasi terbaru Toyota Land Cruiser Prado nampaknya memang sudah waktunya, walaupun memang secara utuh, model dari Toyota Land Cruiser Prado 2018 masih menyiratkan desain pendaulunya.