SUV Pertama Lamborghini Meluncur 4 Desember 2017

Setelah resmi diperlihatkan dan berulang kali tertangkap kamera tengah diuji, akhirnya Lamborghini Urus akan melakoni debutnya 4 Desember mendatang. Artinya para pecinta Lamborghini kini punya pilihan model Sport Utility Vehicle (SUV). Peluncuran dikatakan akan dilakukan di markas Lamborghini, di Sant’ Agata, Bologna, Italia.

Meski spesifikasinya belum diketahui, Lamborghini Urus diperkirakan akan disematkan mesin V8 twin-turbocharged 4,0 liter milik VW Group terbaru. Mesin ini bakal mampu menyemburkan tenaga hingga 650 tenaga kuda dari mesin tersebut, Lamborghini Urus diyakini akan menjadi SUV paling ngebut seantero dunia.

Dari seringnya mobil ini tertangkap kamera, bisa digambarkan bentuknya jelas SUV dengan garis atap miring ke belakang, beltline tinggi dan jendela yang kecil. Ciri khas mobil asal Italia ini terlihat pada bagian kap mesin, dan sisi samping bodi mobil yang masih menyajikan kesan sport.

Lamborghini dikatakan berencana untuk memproduksi sekitar 1.000 unit Lamborghini Urus pada tahun pertamanya, dan produksi akan terus ditambah menjadi 3.500 unit per tahun.

Lamborghini sesumbar akan menumbangkan rekor Porsche Cayenne Turbo S sebagai SUV tercepat di Nurburgring. Pengetesan akan dilakukan 4 Desember nanti.

Catatan waktu 7:59.74 menjadi rekor yang berhasil dibukukan SUV tercepat di Nurburgring. Waktu yang masih dipegang oleh Porsche Cayenne Turbo S ini masih menjadi incaran pembuat SUV papan atas seperti Alfa Romeo dengan Stelvio Quadrifoglio yang digadang-gadang menjadi kandidat kuat penumbang gelar itu.

Namun sepertinya Alfa Romeo juga wajib merasa was-was, lantaran bos pengembangan Lamborghini Maurizio Reggiani mengatakan bahwa SUV lansiran perusahaannya akan lebih kencang dari semua SUV yang ada saat ini.

Reggiani mengatakan bahwa SUV-nya yakni Lamborghini Urus mampu menyentuh angka 300 km/jam dan berpotensi besar menjadi SUV tercepat di Nordschleife.

Sejauh ini dikabarkan bahwa Lamborghini Urus belum pernah menyentuhkan rodanya di sirkuit legendaris itu. Rencana pengetesan baru akan melakukan pada 4 Desember mendatang.

Secara spesifikasi, Urus dibekali dengan mesin 4.000 cc V8 dengan turbo ganda dan mampu menggelontorkan daya sebesar 650 dk. Akankan sesumbar pabrikan asal Sant’Agata ini akan menjadi nyata? Kita tunggu hasil pengetesannya nanti.

Kehadiran Lamborghini Urus kian dekat. Lamborghini melansir teaser terbaru upcoming Super Sport Utility Vehicle yang akan melakoni debutnya pada tanggal 4 Desember 2017. Video tersebut mengenalkan hashtag #SinceWeMadeItPossible dan berbicara tentang sejarah Lamborghini.

Dari Miura yang klasik sampai Countach, bahkan LM002 (SUV pertama Lamborghini). Sketsa siluet di akhir sebenarnya pernah dilansir. Urus diharapkan tetap mempertahankan rancangan konsep yang sudah ditampilkan Lamborghini.

Sebelumnya juga beredar spyshots Urus yang tengah menjalani pengujian. Ada beberapa revisi yang menjadi hal lumrah dalam masa transisi dari model konsep ke model produksi.

Perubahan termasuk pada kaca spion, bodywork yang berkurang agresifitasnya, reposisi knalpot. Ujung depan dan belakang juga tampak mendapat gubahan dan terlihat lebih rendah dibandingkan model konsep.

Belum ada keterangan resmi mesin Urus, namun dikabarkan mobil ini akan hadir dengan mesin V8 twin-turbo 4.0 liter, yang dikembangkan oleh Lamborghini. Pilihan plug-in hybrid diklaim juga tengah disiapkan, plus full electric alias mobil listrik.

Lamborghini, ingin produk terbarunya jenis Sport Utility Vehicle (SUV), Urus, jadi mobil berkekuatan besar. Bahkan, bos Lamborghini, Stefano Domenicali, menyatakan Urus bisa menghasilkan tenaga hingga 650 daya kuda. Angka tersebut bahkan melebihi tenaga Lamborghini Huracan. Domenicali memberikan bocoran, Urus dilengkapi mesin V8 berkapasitas 4.0 liter. Mesin ini lumayan besar, namun seperti biasa, Lamborghini memang terkenal sebagai pabrikan yang menciptakan mobil bertenaga raksasa.

Bukan hanya itu, seperti dilansir dari Inautonews, SUV Lamborghini juga bakal menggunakan mesin hybrid. Rencananya, Lamborghini Urus versi hybrid diperkenalkan di 2019. Tapi untuk varian bensin, rencananya pabrikan berlogo banteng ini, melansirnya di akhir tahun.

Lewat Urus, pihak Lamborghini optimis mampu meningkatkan penjualannya. Bahkan pihaknya percaya bila Urus bisa meningkatkan penjualan hingga 3.500 unit setiap tahunnya di seluruh dunia.

Meski begitu, toh Urus bukanlah SUV bertenaga paling besar di dunia. Sebab, saat ini, sudah ada Jeep Grand Cherokee Trackhawk yang memiliki 707 daya kuda. Itu semua hasil dari mesin V8 Hellcharger berkapasitas 6,2 liter dengan supercharged.

Urus memiliki bentuk atap yang melandai di bagian belakang, tampak sejalan dengan apa yang pernah disodorkan Urus Concept. Jika diperhatikan, mobil ini hanya punya sepasang knalpot yang bertengger di kiri belakang bagian bawah. Namun seperti dikutip dari Motor1, pengaturan knalpot ini diduga hanya sementara, karena versi aslinya ketambahan sepasang lagi di bagian kanan bawah.

Desain mobil ini, merepresentasikan bentuk sebuah Lamborghini yang sporty, tapi sekaligus mengintimidasi. Selain itu, menurut Maurizio Reggiani, kepala R & D Lamborghini, Urus bakal memiliki bentuk yang lebih bagus dibanding versi konsep. Mereka juga mengedepankan pemangkasan bobot yang signifikan saat pengembangan, lalu merancang sistem aerodinamika yang mumpuni.

Di balik kulitnya, tertanam mesin dengan platform buatan VW Group (Lamborghini adalah bagian dari VW) bernama MLB Evo. Platform itu juga digunakan VW Touareg generasi terbaru. Saat ini juga sedang uji coba, pada Porsche Cayenne generasi mendatang dan sudah digunakan Audi Q7 yang ada sekarang.