Sakit pinggang kanan dan kiri

Obat Menghilangkan Sakit Punggung

Sakit pinggang adalah penyakit yang sering di jumpai dikalangan masyarakat , karena sakit pinggang ini bersifat neurologis yang bisa menggagu aktivitas seharian.

Sakit pinggang berupa sakit otot yang menusuk atau nyeri, keterbatasan yang rentang gerak (kaku), atau ketidakmampuan berdiri dengan tegak. Kadang- kadang rasa sakit yang dirasakan dipinggang dapat menjalar sampai ke tempat lain dari tubuh

Penyebab sakit pinggang kiri dan kanan perlu diwaspadai dengan adanya gangguan pada ginjal juga akibat saraf terjepit dalam hal ini tidak bisa di sembuhkan dengan segera butuh waktu pengobatan yang maksimal.

Sakit pinggang banyak penyebabnya, mulai dari yang ringan sampai pada penyebab yang berat atau serius. Tetapi, sebgian besar sakit pinggang adalah tidak serius dan membaik dengan sendirinya. Keaadan ini bisa dipengaruhi karena posisi duduk yang tidak benar, berdiri terlalu lama, kelelahan dalam bekerja, kebiasaan mengangkat sesuatu yang berat , gaya hidup yang salah.

Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kanan

Sakit pinggang bisa terjadi pada waktu tertentu (akut) atau secara terus-menerus (kronis). Nyeri pinggang akut biasanya tajam, intens dan memiliki onset mendadak. Nyeri kronis berlanjut untuk waktu yang lama dan biasanya tidak sesakit nyeri pinggang akut, tapi seiring waktu, akan mempengaruhi kualitas hidup seseorang.

Berikut penyebab sakit pinggang kanan

Tegang Otot Jika otot lumbal sebelah kanan mengalami ketegangan, maka akan menyebabkan sakit pinggang sebelah kanan. Begitu pula sebaliknya untuk sisi yang kiri. Ini merupakan penyebab yang paling sering. Hal ini bisa terjadi jika seseorang membuat gerakan secara tiba-tiba, gerakan tak lazim, atau mengangkat barang-barang berat secara berulang.

Sakit Pinggang Karena Ginjal

Penyakit ginjal yang dapat menyebabkan sakit pinggang antara lain batu ginjal dan infeksi ginjal. Tergantung pada letak ginjal yang terlibat jika sebelah kanan yang kena maka yang sakit pinggang sebelah kanan, begitu pula sebaliknya. Pada batu ginjal rasa sakit biasanya nyeri tumpul (kemeng) dan terasa sakit pada pengetukan (nyeri ketok) di area costovertebra angle (pemeriksaan ini dilakukan oleh dokter) dan tak jarang rasa sakit menjalar ke perut hingga selangkangan.

penyebab sakit pinggang kiri yaitu:

Infeksi ginjal

Infeksi ginjal bisa menyebabkan nyeri pinggang yang serius. Infeksi biasanya dimulai dari kandung kemih kemudian naik ke ginjal sehingga ginjal menjadi meradang dan tentunya timbul rasa sakit pada pinggang sebelah kiri (jika ginjal sebelah kiri yang terkena). Demam dan mual juga dapat menyertai infeksi ginjal. Rasa sakit terjadi pada daerah panggul sepanjang tulang belakang dan di atas pinggul. Rasa sakit akan memburuk dengan gerakan atau tekanan pada pinggang.

ovarium Kista

dapat terbentuk di ovarium pada wanita, atau lebih dikenal dengan kista ovarium. Terkadang kista ini dapat menimbulkan rasa sakit pada perut bawah sebelah kiri atau kanan dan bahkan dapat menjalar sampai ke pingang sebelah kiri atau kanan tergantung ovarium mana yang terlibat.

Cara mengatasi sakit pinggang kanan dan kiri

  1. atur posisi duduk yang benar
  2. duduk dengan benar dan tegak
  3. olahraga yang teratur
  4. kurangi merokok dan minuman berakohol

Meski dalam kebanyakan kasus sakit pinggang bisa sembuh dengan sendirinya namun beberapa kasus memerlukan pemeriksaan dokter. Jika saat sakit pinggang sebelah kiri dan kanan disertai dengan sulitnya mengontrol buang air kecil dan buang air besar, maka harus segera memeriksakan ke dokter.

Hal yang sama wajib dilakukan jika rasa sakit disertai kelumpuhan atau mati rasa di bagian pinggang dan kaki. Berkurangnya massa dan kekuatan otot di kedua kaki yang menyertai sakit pinggang juga memerlukan penanganan dari dokter.

Meski sepertinya sakit pinggang sebelah kiri adalah hal yang sepele, sebaiknya Anda memeriksakan ke dokter jika berkelanjutan dan/atau disertai gejala-gejala lain. Ini supaya penanganan sakit pinggang dapat disesuaikan dengan akar penyebabnya.