Sakit pinggang belakang dan kiri

tips dan petua elak sakit pinggang

Sakit pinggang biasanya diderita oleh mereka yang telah memasuki usia antara 30-50 tahun. Saat tubuh semakin tua, tulang akan semakin rapuh dan massa otot menurun. Oleh karena itu, sendi-sendi seperti pinggang lebih rentan cedera dan sakit. Tapi selain akibat gangguan pada sendi, sakit pinggang bisa juga disebabkan oleh ganguan pada organ yang ada di daerah tersebut seperti ginjal.

Gejala Sakit Pinggang Sebelah Kiri

Nyeri pinggang tidak hanya terbatas pada sendi tersebut tapi juga bisa menyebar hinggi ke daerah bokong, pangkal paha dan paha bagian belakang. Rasa sakit tersebut akan kian terasa menyakitkan jika bagian tersebut digerakkan. Kadang, rasa sakit pada bagian pinggang disertai kesemutan atau mati rasa pada bagian bokong atau kaki.Sakit pinggang bisa menyebabkan kesulitan saat hendak membungkuk dan bersandar. Selain itu otot-otot di sekitar tulang belakang bisa mengalami kejang sehingga menyebabkan rasa kaku pada pinggang. Kombinasi nyeri disertai kejang bisa mengakibatkan pinggang tidak seimbang sehingga membuat postur tubuh berubah atau tidak seimbang. Penyebabnya adalah karena sering mengangkat barang yang berat saat posisi tubuh yang kurang baik

Hal lain yang menyebabkan sakit pinggang di kiri yakni:

  • Gangguan pada ginjal

Karena letaknya di daerah pinggang, ginjal yang mengalami gangguan bisa juga menjadi salah satu sumber sakit pinggang sebelah kiri. Sakit yang diakibatkan terganggunya organ ini akan dirasakan di antara tulang rusuk terbawah dan panggul. Gangguan ginjal apakah itu batu ginjal atau infeksi ginjal memiliki potensi membuat nyeri pada pinggang.

  • Otot tegang

Beraktivitas berlebihan atau melakukan gerakan yang tidak biasa dapat menegangkan otot. Jika tiba-tiba aktivitas seseorang melibatkan gerakan punggung luar biasa, maka otot dan ligamen di punggung bisa tertarik, menjadi tegang dan bahkan robek. Gejala umum dari tegang otot adalah rasa sakit dan kaku pada pinggang. Beruntung, kondisi ini bisa diredakan setelah penderitanya melakukan terapi fisik dan istirahat cukup.

  • Sakit Pinggang bagian belakang

Sakit pinggang belakang adalah sakit yang nyeri yang dirasakan di bagian pinggang belakang. Pinggang adalah bagian tubuh yang terletak antara pinggul dengan rongga dada.

Penyebab sakit pinggang belakang

Kebanyakan kasus sakit pinggang belakang berhubungan dengan ketegangan otot, cedera, postur tubuh yang tidak sesuai, dan penggunaan yang berlebihan. Namun terdapat berbagai kondisi lainnya yang bisa mengakibatkan sakit pinggang bagian belakang. Hal yang menyebabkan sakit pinggang belakang adalah

  • Kehamilan

Nyeri pinggang belakang saat hamil merupakan hal yang sering terjadi. Hal tersebut terjadi karena rahim yang membesar menekan saraf sciatic hingga terasa nyeri pinggang belakang.

  • Masalah ginjal

Adanya Batu ginjal ataupun penyakit ginjal lain akibat infeksi juga dapat menyebabkan nyeri pinggang belakang. Karena ginjal merupakan organ yang terletak di bagian punggung bawah, maka kondisi yang mengganggu ginjal yang dapat menyebabkan rasa nyeri di pinggang belakang.

Cara mengatasi sakit pinggang dengan cara yakni:

  1. Terapi panas

Mandi dengan panas atau botol berisi air panas yang ditempelkan pada daerah pinggang yang sakit dapat membantu meringankan rasa sakit.

  1. Atur Posisi tidur

 Mengubah posisi tidur disini bertujuan untuk meregangkan punggung sehingga dapat meringankan rasa sakit. Caranya sebagai berikut:

  • Jika Anda tidur miring, maka tariklah kaki (menekuk) sedikit ke arah dada dan menempatkan bantal di antara kaki.
  • Jika Anda tidur telentang, letakkan bantal di bawah lutut. Hal ini akan membantu mempertahankan kurva normal punggung bawah.
  1. Relaksasi
    Relaksasi merupakan hal yang terpenting untuk mengurangi dan mengatasi sakit pinggang karena ketegangan otot yang disebabkan oleh faktor psikis atau pikiran tegang.