Penyebab Setir mobil tidak mau balik ke posisi semula Setelah Belok

setir mobilProblem setir memang banyak sekali mulai dari setir mobil terasa berat, setir mobil bergetar sampai setir mobil tidak mau kembali setelah mobil belok. Penyebab setir mobil tidak dapat kembali lagi setelah belok full memang terkadang membuat kita menjadi jengkel,bagaimana tidak,mobil yang setirnya di belokkan setelah full kondisinya tetap seperti itu sehingga membuat kita harus mengembalikan ke posisi semula dengan cara manual ( memutar menggunakan tangan ).

Biasanya mobil normal, setelah belok setir akan kembali kepada posisi semula yakni posisi setir yang lurus. Namun beberapa mobil memiliki masalah setir tidak mau kembali setelah melewati tikungan, dan dibawah ini adalah beberapa penyebab mengapa setir mobil tidak kembali setelah belok.

Penyebab setir tidak mau kembali setelah belok

1.     Spooring yang salah

Kesalahan sudut sudut geometri roda depan kendaraan juga bisa menyebabkan setir tidak mau balik setelah mobil menikung. Kesalahan spooring ini bisa terjadi karena bergesernya baut baut penyetel kampak bawah dari posisi semula. Untuk itu silahan mengecek kondisi spooring terlebih dahulu. Biasanya sudut sudut caster serta toe in yang paling banyak berpengaruh disini. Salah satu hal yang dapat menyebabkan setir mobil tidak dapat kembali adalah karena kesalahan dari keselarasan roda yang mungkin berubah akibat benturan keras yang diterima oleh roda depan kendaraan,atau bisa jadi karena melakukan penggantian part seperti tie rod dan long tierod tanpa dilakukan spooring. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah spooringkan dahulu mobil anda agar sudut sudut goemetrinya kembali dalam keadaan semula ( selaras ). Setelah itu silahkan anda lakukan test drive.

Sudut toe in yang terlalu masuk kedalam ( terlalu plus ) adalah yang paling banyak mempengaruhi setir tidak kembali setelah belok full.

  1. Ban mobil kempis

Salah satu faktor kecepatan putaran balik setir juga dipengaruhi oleh tekanan ban yang benar. Jika terlalu kempis maka setir kembalinya akan agak lambat dari kondisi normal. Untuk itu periksa tekanan ban seara rutin minimal 2 minggu sekali.

  1. Power Steering Electrik

Untuk mobil keluaran terbaru diatas tahun 2013 sudah menggunakan tehnologi Electrik Power Steering yang disingkat dengan EPS dimana cara kerjanya sesuai dengan perintah dari ECU. Banyak orang yang membandingkan mobil keluaran terbaru ini dengan mobil keluaran lama yang masih menggunakan powersteering minyak. Tentu saja power steering jenis EPS ini lebih berat dan proses kembalinya setir lebih lama dan kadang tidak lurus sempurna. Hal ini sangatlah wajar karena memang cara kerjanya seperti itu. Bahkan dalam kecepatan tinggi pun setir semakin diperberat dengan dimatikannya sistem elektrik power steering untuk menghindari mobil terpelanting.

  1. Telapak Ban Lebar

Penggunaan ban dengan spesifikasi diluar standardnya pun akan mempengaruhi cepat lambatnya proses setir kembali. Misalkan saja mobil innova dengan spesifikasi standard velg 16×5 diganti dengan velg mobil rush dengan spesifikasi standard velg 16×6.5 tentu akan membuat setir lama kembali bahkan tidak sama sekali.

Beberapa kasus yang pernah ada,pemakaian lebar velg dan ban yang diluar standart dapat mengakibatkan setir susah untuk kembali,walaupun bisa kembali membutuhan waktu yang lama dan dengan kecepatan tertentu saja. Untuk mengatasi hal ini silahkan anda coba ganti atau pinjam ban mobil lain yang masih standard,kemudian dipasangkan ke mobil anda kemudian anda lakukan test drive.

  1. Menggunakan Setir Variasi

Penggunaan setir diluar standard mobil juga sangat berpengaruh karena ada beberapa setir mobil variasi yang cara pemasangannya sulit dan juga dapat menyebabkan setir menjadi berat bahkan tidak bisa kembali setelah belok.

  1. Setir tidak dapat kembali setelah racksteer di setel.

Coba anda ingat ingat lagi apakah pernah melakukan pembongkaran part racksteer dan membuka baut penyetelnya. Pemasangan baut penyetel yang terlalu rapat juga dapat mempengaruhi setir tidak dapat kembali setelah belok. Untuk mengatasinya silahkan anda longgarkan sedikit setelan racksteer sebanyak 90 derajat,Kemudian lakukan test drive. Bila nantinya ketika di test pada jalan berlubang terdengan bunyi glodak glodak menandakan racksteer tidak dapat disetel lagi dan satu satunya jalan adalah menggantinya dengan part yang baru.

  1. Setir tidak dapat kembali karena kebocoran fluida powersteering.

Bila ternyata hanya salah satu sisi saja yang tidak dapat kembali,misal belok full kekanan bisa kembali,namun belok kekiri full tidak dapat kembali,hal ini bisa jadi karena salah satu seal racksteer ada yang bocor atau lemah sehingga gaya tekan besar sebelah. Untuk mengatasi hal ini silahkan anda lakukan pembongkaran racksteer dan mengganti oil seal nya. Selanjutnya silahkan anda lakukan test drive.