Mobil Konsep Unik Terbaru Toyota


Toyota Motor Corporation (Toyota) siap berpesta di Tokyo Motor Show. Satu lagi mobil diperlihatkan Toyota, sebuah crossover yang dinamakan Tj Cruiser.

Melihat namanya, pasti kita langsung ngeh kalau mobil ini adalah penerus dari FJ Cruiser yang sudah disuntik mati. Tj Cruiser menurut Toyota akan menggabungkan kelegaan sebuah mobil van dengan desain keren sebuah mobil SUV.

Cruiser sendiri merupakan nama yang secara tradisional digunakan Toyotauntuk line up mobil SUV-nya. Di dalam, mobil bisa menampung 4 orang dengan kursi atau jok belakang yang bisa dilipat dengan rata.

Kabinnya juga bisa menyimpan benda besar seperti papan seluncur 3 meter dan sepeda. Pintu belakang yang bisa dibuka lebar memudahkan pengendaranya untuk menyimpan atau mengeluarkan barang-barang besar tadi.

Untuk penggerak mobil menggunakan mesin 2.000 cc yang dipadukan dengan sistem hybrid.

Setelah dipatenkan pada bulan Juli lalu, perusahaan otomotif asal Jepang, Toyota, meluncurkan mobil TJ Cruiser. Mobil berjenis sport utility vehicle (SUV) itu merupakan generasi penerus dari FJ Cruiser.

Toyota TJ Cruiser concept akan tampil di Tokyo Motor Show 2017.

Ini adalah mobil konsep yang menyuguhkan antara lapangnya kabin dari sebuah mobil van namun desainnya tetap bertenaga layaknya sebuah SUV.

T dari TJ Cruiser adalah singkatan dari Toolbox yang mengacu pada bagaimana mobil ini bisa diperlakukan layaknya sebuah kotak perlengkapan. Sementara J adalah singkatan dari Joy atau kegembiraan yang mengacu pada kegembiraan menemukan tempat baru dengan menggunakan mobil ini. Sementara Cruiser sendiri adalah kata yang memang jamak digunakan Toyota untuk SUV-SUV mereka.

Sepintas pandang, TJ Cruiser terlihat mencolok dengan desainnya yang mengotak dan memberikan kesan memiliki utulitas tinggi. Kap, atap dan fender disebut telah dipalisi dengan material khusus sehingga tahan terhadap goresan dan kotoran.

Toyota TJ Cruiser Concept akan tampil di Tokyo Motor Show 2017 Interior mobil dibuat sedemikian rupa agar fungsionalitasnya maksimal. Salah satunya adalah sandaran kursi penumpang depan dan kursi penumpang bisa dilipat hingga rata sehingga dapat menyimpang barang dengan panjang mencapai 3 meter seperti papan selancar.

Tak hanya itu, mobil ini juga telah menggunakan pintu geser. Penggunaan pintu geser ini tentu memberi kemudahan lebih pada pemilik mobil untuk akses keluar masuk penumpang maupun barang berukuran besar.

Mobil ini nantinya akan menggunakan mesin berkapasitas 2.000cc dan telah dikawinkan dengan teknologi hybrid. TJ Cruiser juga telah menggunakan TNGA Platform

Toyota Tj Cruiser Concept.

Toyota tahun lalu memutuskan untuk menghentikan produksi mobil FJ Cruiser. Sebagai gantinya, mereka meluncurkan TJ Cruiser. Mobil ini diperkenalkan di New York Motor Show pada bulan April lalu.

FT-4X merupakan singkatan dari Future Toyota-Four-Wheel Drive Crossover. Didesain oleh studio Toyota Calty Design Research di California, mobil menyesuaikan desainnya yang cocok dengan kaum milenial.

Bukan hanya dikendarai di perkotaan tapi juga bisa digunakan untuk off-road. Berbasis dari segmen C dari platform Toyota New Global Architechture (TNGA), model ini memang lebih kecil dari FJ Cruiser.

Lebih rendah sekitar 8 inchi ke ground clearance dan juga lebih pendek 16 inchi dari bagian depan ke belakang. Jarak sumbu roda juga beberapa inchi lebih pendek dan tajam.

Raksasa otomotif Jepang, Toyota, coba cari perhatian khayalayak dengan menghadirkan mobil konsep unik, Tj Cruiser Concept. Mereka menggabungkan karakter desain cargo vandengan sifat-sifat tangguh SUV.

Menurut pihak Toyota, model ini dirancang untuk konsumen dengan gaya hidup bekerja dan bermain yang berjalan beriringan.

Selain soal desain kotak yang disematkan pada mobil konsep ini, Tj Cruiser memiliki lapisan khusus yang digunakan pada kap mesin, atap, dan sepakbor, demi melindunginya dari goresan dan kotoran.

Kemudian suspensi disebut pihak Toyota cukup kokoh, untuk mengawal roda 20 inci berlapis ban chunky, dan dikombinasikan dengan on-demand all-wheel drive system, yang akan membantunya mengatasi kondisi jalan berlumpur.

Toyota TJ Cruiser Concept.

Dari gambar sisi samping, pintu pada bagian depan mengadopsi sistem umum, tapi pada bagian belakang punya gaya pintu geser, yang memberikan akses lebih baik untuk masuk ke dalam. Kursi penumpang depan sampai ke belakang bisa dilipat rata, sehingga memungkinkan untuk bisa mengangkut barang dengan panjang hingga 3 meter (10 kaki).

Di bawah bodinya yang serbaguna, konsep ini ternyata punya unsur generasi baru dari TNGA (Toyota New Global Architecture). Informasi lebih rinci lainnya belum diinformasikan pihak Toyota, tapi mereka kemungkinan menampilkan konsep Tj Cruiser pada Tokyo Motor Show 2017, akhir Oktober mendatang.