Mazda Kenalkan Mesin Rotari Terbaru Bulan Depan?

Mazda masih ngotot untuk bisa memperkenalkan mesin rotari generasi terbaru bulan depan di ajang Tokyo Motor Show 2017. Kabarnya mesin terbaru ini akan berada di badan RX-9 atau mobil konsep terbaru mereka RX Vision. Kabar ini semakin nyata setelah Mazda Vice President of research and development, Matsuhiro Tanaka, mengatakan akan memperkenalkan mesin rotari terbaru di Tokyo Motor Show 2017.

“Di Tokyo Motor Show, kami akan memperkenalkan konsep desain terbaru, dan akan menjadi evolusi terbaru dari RX Vision,” tambah Matsuhiro Tanaka.

“Disaat kami memperkenalkan konsep terbaru, ini juga berlaku untuk bagian mesin dan desain terbaru akan menjadi kenyataan. Kami akan berusaha untuk mewujudkannya menjadi kenyataan,” kata Tanaka.

Di ajang Tokyo Motor Show 2015 silam, Mazda membuat gebrakan dengan meluncurkan Mazda RX-Vision Concept. Mobil tersebut digadang-gadang menjadi penerus RX 7 dan RX 8 yang menggunakan mesin Wankel atau yang lebih dikenal dengan nama Rotary.

Nah, tahun ini, di TMS 2017, Mazda memastikan akan menampilkan RX Rotary Concept terbaru. Masih seperti RX Vision Concept, mobil prototipe ini akan menunjukan gaya desain dan teknologi terbaru yang dimiliki Mazda.

Diperkirakan mobil konsep ini akan hadir di Tokyo Motor Show yang berlangsung di akhir Oktober 2017. Informasi mengenai RX Rotary Concept diketahui tercetus dari Vice President for Research and Development Mazda European, Matsuhiro Tanaka, di sela-sela Frankfurt Motor Show 2017.

“Bersamaan dengan Tokyo Motor Show, kami akan memperkenalkan desain konsep terbaru yang Anda bisa simak sebagai kelanjutan dari tema RX Vision,” ujar Tanaka

“Ketika kami memperkenalkan sebuah konsep, tim insinyur dan desainer kami memiliki hasrat untuk merealisasikannya. Kami berusaha sekuat mungkin untuk menjadikannya sebuah kemungkinan,” lanjutnya.

Mazda RX merupakan sebuah sportcar yang cukup melegenda di era tahun 90-an. Nama RX besar bersama Toyota Celica atau Nissan Skyline. Namun yang membedakan diantara rivalnya adalah mesin yang digunakan yaitu Rotary. Edisi terakhir RX sudah mencapai generasi kedelapan dan disuntik mati pada 2012.

Meski Mazda sudah memperkenalkan lagi konsep RX beberapa kali, hingga saat ini sportcar tersebut belum juga dilahirkan kembali sama seperti rivalnya yaitu Toyota Supra.

”Kisah cinta” antara Mazda dan mesin rotary yang sudah menjadi ikon sejak lama, ternyata belum berakhir. Produsen asal Jepang itu mengaku masih berinvestasi untuk melanjutkan pengembangan dan mengetes generasi baru mesin unik itu.

Mazda dan mesin rotary menjadi subjek perhatian untuk gosip otomotif selama setahun belakangan. Mesin yang dikenalkan 50 tahun lalu itu dikenal dengan pengoperasiannya yang halus dan kiriman tenaga dahsyat.

Namun, selanjutnya Mazda memutuskan untuk mendiskontinyu RX-8, mobil sport terakhir yang menggunakan mesin rotary. Artinya, kelangsungan hidup jantung pacu itu harus tutup pula.

Kini, yang terbaru, terkait dengan pernyataan Mitsuo Hitomi, Managing Executive Officer of Technical Research Center and Integrated Control System Development Mazda, yang menyebut bahwa mesin rotary masih punya denyut nadi.

”Kami masih melanjutkan untuk pengembangan generasi baru mesin rotary,” tegas Hitomi di sela Mazda Tech Forum, di Frankfurt, Jerman.

Hitomi juga menyatakan bahwa pengembangan itu lebih tricky, terlebih karena banyak masalah yang mengitari prosesnya.

”Kami belum bisa membuat mesin rotary ini berkaitan dengan emisi. Masih banyak faktor yang diteliti agar emisi gas buang mencapai kondisi yang ideal, dan inilah yang justru menjadi hal tersulit,” ujar Hitomi.

Masalah lain, pengiriman api ke ruang bakar. Laporan yang ada menyatakan berlakunya ide mahal, termasuk di antaranya pemantik api dari plasma atau laser. Diharapkan, mesin rotary Mazda akan bisa kembali dilihat pada 2020 mendatang.