EcoBlue, Teknologi Diesel Anyar dari Ford

Beberapa negara di bagian Eropa mungkin masih trauma menggunakan mesin diesel akibat diesel gate yang menimpa Volkswagen. Namun hal itu tidak dapat menghentikan Ford untuk menciptakan mesin diesel yang lebih efisien di bidang bahan bakar dan emisi gas buang.

Baru-baru ini pabrikan asal Amerika Serikat memberikan sedikit bocoran mengenai mesin diesel terbaru mereka yakni EcoBlue. Nantinya mesin berkubikasi 1.500 cc ini rencananya akan menggantikan mesin 2.200 cc Duratoq yang ada saat ini.

Autoevolution mengklaim bahwa mesin ini sudah dirancang agar sesuai dengan standar emisi gas buang EURO 6. Karbon dioksida yang dihasilkan juga lebih rendah 10 persen dibandingkan standar emisi gas buang EURO 5.


Seperti halnya dengan EcoBoost untuk mesin bensin, EcoBlue juga dilengkapi dengan teknologi turbo. Bahkan untuk komponen turbocharger dibuat dengan menggunakan bahan Inconel seperti yang digunakan di industri pesawat terbang.

Kemungkinan besar mesin ini akan disematkan di Ecosport pada pertengahan 2018. Belum diketahui berapa besaran tenaga yang dihasilkan oleh mesin ini, hanya saja dipastikan tenaganya mencapai 125 daya kuda.

For EcobBoost menjadi standar baru mesin bensin, kecil dan lebih efisien dengan tenaga yang mengejutkan. Hal ini menjadi obsesi dibalik pengembangan EcoBlue mesin diesel,” terang Chairman and CEO Ford of Europe, Jim Farley.

New FordEcoSport 2018 akan dijual akhir 2017 dengan peningkatan di bagian fleksibilitas, kemampuan, penyegaran eksterior serta penambahan teknologi.

Untuk pertama kalinya Ford EcoSport akan dibekali dengan teknologi Ford Intelligent All Wheel Drive guna menambah daya cengkeram di lintasan aspal dan offroad. Teknologi tersebut dikawinkan dengan mesin diesel 1.5-litre EcoBlue bertenaga 125 PS dan bertorsi 300 Nm dengan emisi CO2 119 gr/km dan konsumsi BBM 22,22 km/liter.

Intelligent All Wheel Drive dapat membagi torsi ke roda depan dan belakang dengan komposisi 50:50 di bawah 20 milidetik — 20 kali lebih cepat dari satu kedipan mata.

Ford EcoSport 125 PS 1.5-liter EcoBlue front-wheel-drive dan bertransmisi manual 6-speed akan menjadi varian paling rendah emisinya dan lebih irit BBM. Varian ini akan dipasarkan pada pertengahan Juli 2018.

Untuk varian 1.5-litre TDCi 100 PS bertransmisi manual 6-speed dan front-wheel-drive akan dijual saat peluncuran.

Mesin andalan Ford, bensin 1.0-litre EcoBoost, akan tersedia pula. Pilihan tenaganya 140 PS, 125 PS dan 100 PS, dengan transmisi manual 6-speed. Sedangkan 125 PS dengan transmisi otomatis 6-speed akan menampilkan paddle-shifter.

Pengendalian dan pengendaraan new EcoSport akan lebih lezat berkat perbaikan di bagian per, peredaman, spring aids, steering gear, rear axle twist beam, pengaturan Electronic Stability Programme.

Ford EcoSport ST-Line akan tampil paling agresif dengan bumper dan side skirt yang terinspirasi Ford Performance, roof rails dan headlight bezels hitam, roda 17″ Dark Tarnish, dan lain-lain.

Sistem hiburan dan komunikasi SYNC 3 cocok dengan Apple CarPlay dan Android Auto. SYNC 3 didukung oleh satu layarsentuh berwarna 8 inci yang mengapung. Layar ini dapat dioperasikan dengan gerakan mencubit dan menggesek. SYNC 3 ditawarkan pula dengan layarsentuh berwarna 6,5 inci dan 4.2 inci.

Untuk pertama kalinya Cruise Control with Adjustable Speed Limiter dan Rear View Camera  dibawa oleh EcoSport.

Ford menanam Blind Spot Information System yang memberikan peringatan kepada pengmudi atas kendaraan-kendaraan yang mendekat, serta Roll Stability Control yang mengatur torsi dan pengereman guna membantu pengemudi mengontrol kendaraan.