Bengkel Resmi VS Biasa

bengkel

Kebengkel resmi tentu masih lebih baik dibanding ke bengkel umum. Ini berlaku untuk kendaraan standar, bukan modifan. Namun jika Anda menyukai modif (mesin diupgrade, rubah bentuk bodi/kaki-kaki), bengkel umum lebih baik untuk Anda.

Dibengkel resmi kita dilayani (mobil diservis) sesuai standar pabrik dan jika ada keluhan, penyelesaian penanganannya juga mengikut standar pabrik.
Bengkel resmi memiliki SST (Special Service Tool/ alat servis khusus) sehingga tidak akan menimbulkan resiko cacat atau bahkan kerusakan akibat penggunaan alat yg bukan peruntukannya.

Bengkel resmi terkesan mahal. Sebenarnya tidak. Ketika Anda datang ke bengkel resmi dan menyatakan mau servis dan ganti oli mesin.
Yg dikerjakan oleh bengkel selain mengganti oli adalah tune up mesin, chasis,dan kelistrikan.
-Mesin akan diperiksa lalu diset sesuai standar pabrik mulai dari oli dan tekanannya, sistem bahan bakarnya, celah klep, busi dan celah busi (untuk mbl bensin), governour/bospom dan nozle (mbl solar), sistem pendingin (radiator, tutup radiator, slang-slang, tabung reservoir) sampai ke pemeriksaan gas buang.
– Chasis, akan diperiksa dan dilumasi/diberi grease dan diset standar pada bagian rem pedal, rem tangan, spooring dan system kemudi, pintu-pintu, transmisi, kopling, dan bagian chasis lainnya.
– Kelistrikan, akan diperiksa dari mulai aki dan airnya, lampu-lampu, sapu kaca, sytem pengisian, kenormalan ECU, dan lainnya.

Apa perbedaan dari service bengkel resmi dan bengkel umum (non resmi) ? Bengkel resmi punya kelebihan dalam service, diantaranya :

Sparepart tersedia lengkap dan asli / original
Ruang tunggu nyaman
Ada Standar Opersional Pekerjaan (SOP) pengerjaan servis sudah baku.
Bisa trail and error penggantian sparepart, jika sparepart diganti dan tidak nyelesaikan masalah sparepart bisa dikembalikan lagi
Peralatan kerja Komplit
Lain halnya tentunya punya kelebihan dalam service di bengkel umum kendaraan mobil anda yaitu :
Mekanik biasanya lebih berpengalaman dengan mencari solusi alternatif, umumnya mereka sudah pernah magang di begkel resmi (ATPM) dan nggak melulu harus ganti sparepart.
Mekaniknya lebih terbuka bisa berinteraksi dengan konsumen dan nggak pelit ilmu.
Ongkos Kerja lebih murah, sparepart pun terkadang masih bisa ditawar dan banyak  pilihan -dari original sampe KW3
Bagaimana dengan kekurangan dari service di bengkel resmi dan bengkel umum ? Service di bengkel resmi juga punya kekurangan, antara lain :
Daftar tunggu / Antri yang lama
Kalo apes bisa dapet mekanik yang belum pengalaman / trainee
Ongkos kerja yang relatif mahal.
Sparepart original yang mahal plus ppn
Pemilik mobil susah berinteraksi langsung dengan mekanik. Mekanik biasanya pengennya kerja cepet karena dibebani target.

Namun demikian service di bengkel umum bukannya tidak ada kekurangan. Diantara kekurangan service di bengkel umum adalah :
Ruang tunggu kurang memadai dan kurang nyaman
Ketersediaan sparepart dan peralatan tidak selengkap di bengkel resmi, terkadang butuh sedikit akal-akalan untuk service bongkar mesin.
Tidak bisa trail and error atau coba-coba sparepart. Sparepart harus beli dulu baru bisa pasang.
Tidak ada SOP, ada resiko kesalahan pemasangan.
Pengerjaannya nggak bisa dikebut, alias tunggu saja. Terkadang untuk turun mesin terkadang mobil nginap berhari-hari di bengkel umum tersebut

Terus kesimpulannya lebih baik service di bengkel resmi atau bengkel umum ? Ada beberapa pertimbangan :
Jika mobil anda masih baru, sebaiknya 3 tahun pertama mobil baru anda service di bengkel resmi, karena biasanya ada free service untuk 3 kali pertama plus garansi engine jika terjadi kesalahan pabrikan dengan catatan anda service di bengkel resmi selama 3 tahun
Setelah 3 tahun sebaiknya service di bengkel umum khususnya untuk pengerjaan yang ringan seperti tune up, rem dan bagian kaki-kaki mobil itu akan lebih irit biayanya
Untuk pengerjaan berat / turun mesin sebaiknya dilakukan di bengkel resmi, antisipasi  garansi jika terjadi apa-apa
Biasanya purna jual mobil dari bengkel resmi lebih baik dari service di bengkel umum
Karena kita tinggal di Indonesia ada bengkel resmi yang bagus namum terkadang ada bengkel umum yang cocok dengan tunggangan anda. Sebaliknya juga begitu.
Terakhir saya berikan tips untuk service kendaraan anda di bengkel resmi atau bengkel umum
Jika kendaraan anda mobil baru sebaiknya 3 th pertama service di bengkel resmi, selanjutnya bisa di bengkel umum dengan memperhatikan kesimpulan diatas
Jika kendaraan anda mobil bekas, sesuaikan budget service dan tentunya di bengkel umun (non ATPM) dan pastikan pergantian part dengan ongkosnya sesuai dengan harga kendaraan anda