Tiga Jagoan Baru Nissan Meluncur Bersamaan

Produsen mobil terbesar kedua Jepang, Nissan, bakal unjuk gigi pada pesta otomotif Tokyo Motor Show 2017, pada 25 Oktober sampai 5 November. Salah satunya dengan menampilkan inovasi-inovasi terbaru dan model masa depan, dengan visi Nissan Intelligent Mobility.

Setidaknya ada tiga produk yang bakal menjadi penggoda di boothmereka, mulai dari konsep Nissan Leaf Nismo dan Serena Nismo yang berorientasi pada performa, serta Skyline terbaru akan tampil untuk pertama kalinya di pameran ini. Secara total, Nissan berencana menyuguhkan 13 kendaraan dalam ajang tersebut.

Berikut sekilas mengenai tiga produk andalan Nissan di TMS 2017, dalam siaran resminya Selasa (10/10/2017).

Konsep Leaf Nismo

Setelah diluncurkan pada September lalu, Nissan Leaf terbaru hadir dengan teknologi swakemudi pada satu jalur di jalan bebas hambatan (Nissan ProPILOT). Ditambah dengan adanya fitur ProPILOT Park, untuk mengendalikan kemudi, akselerasi, pengereman, perubahan shift dan rem parkir, untuk secara otomatis membimbing mobil ke area parkir yang dituju.

Fitur tersebut diklaim merupakan teknologi pertama pada kendaraan buatan Jepang. Fitur lain adalah e-Pedal, yang memungkinkan pengemudi bisa mulai berkendara, mempercepat, melambat dan berhenti, hanya dengan menaikkan atau menurunkan tekanan kaki pada pedal gas.

Mobil konsep Leaf terbaru ini memiliki eksterior sporty yang dirancang oleh Nismo, divisi Nissan untuk motorsport dan tuning in-house. Penerapan teknologi balap Nismo ke badan mobil, menghasilkan peningkatan kinerja aerodinamis, tanpa menghilangkan koefisien drag yang dimiliki Leaf.

Serena Nismo

Meski menawarkan teknologi Nismo, Serena terbaru ini diklaim tidak akan mengorbankan konsep mobil keluarga, yang juga ramah lingkungan. Pada bagian eksterior ada sentuhan spririt Nismo yang berorientasi pada performa, beberapa komponen membuat tampilannya semakin agresif.

Serena Nismo disebut memiliki handling yang lebih kuat, berkat sistem suspensi sport-tuned. Modul kontrol mesin dan sistem pembuangan mengadopsi model terbaru, yang bisa menambah daya tarik. Serena Nismo dijadwalkan akan dijual di Jepang pada November 2017.

Skyline

Model sedan sport premium Nissan, kali ini bakal hadir dengan teknologi All-Around Safety Shield Nissan, yang dikombinasikan dengan sistem hibrida ramah lingkungan, serta penyematan Direct Adaptive Steering.

Ubahan pada Skyline terbaru ini mulai pada desain eksterior dan penyematan roda aluminium. Sementara di dalam kabin, terdapat roda kemudi dan tombol shift baru. Skyline terbaru ini dijadwalkan bakal mulai dijual di Jepang pada Desember 2017.

Nissan Motor Co., Ltd. akan menampilkan sejumlah mobil konsep dan kendaraan produksi yang menarik di Tokyo Motor Show 2017, akhir Oktober ini. Total Nissan akan memboyong 13 model termasuk Skyline terbaru, serta LEAF dan Serena dengan racikan Nismo.

Tokyo Motor Show ke-45 yang diadakan di Tokyo Big Sight, terbuka untuk umum mulai 27 Oktober hingga 5 November 2017. Hari khusus untuk media akan dilaksanakan pada 25-26 Oktober. Booth Nissan yang berada di East Hall 5, akan hadir dengan desain “spiral” yang melambangkan komitmen Nissan sejak masa lalu, sekarang dan di masa depan untuk selalu menghasilkan produk menarik.

Melalui pameran ini, Nissan akan menunjukkan nilai-nilai untuk selalu berinovasi, termasuk pada kendaraan listrik terbaru. Ada juga simulator yang memberikan pengalaman pada pelanggan untuk merasakan masa depan Nissan Intelligent Mobility.

Salah satu model unggulan Nissan adalah sedan sport premium Nissan Skyline. Seluruh model Skyline sekarang hadir dengan teknologi All-Around Safety Shield Nissan. Hal ini dapat dikombinasikan dengan sistem hibrida berkinerja tinggi dan ramah lingkungan serta Direct Adaptive Steering, yang memberikan pegangan dengan intuisi untuk berkendara yang lebih mudah dan aman.

Perubahan pada Skyline termasuk desain eksterior dan roda aluminium yang memberikan tampilan berbeda menjadi salah satu kendaraan paling menarik di kelasnya. Di dalam kabin, terdapat roda kemudi dan tombol shift yang baru, sebagaimana permukaan panel instrumen yang telah selesai, memberikan kualitas premium lebih tinggi pada bagian interior.

The “Godzilla” ini menggunakan mesin 3.0 liter V6 yang dipadankan motor listrik. Skyline baru ini dijadwalkan untuk mulai dijual di Jepang pada Desember 2017.

Berikutnya ada LEAF Nismo Concept. Ini adalah mobil listrik yang dibekali performa berkendara Nismo. Diluncurkan pada September lalu, Nissan LEAF terbaru ini dilengkapi teknologi autonomous di jalan bebas hambatan yang diberi nama Nissan ProPILOT. Selain itu, juga ada ProPILOT Park yang mengendalikan kemudi, akselerasi, pengereman, perubahan shift dan rem parkir, untuk secara otomatis membimbing mobil ke area parkir yang dituju.

Fitur lain dari LEAF adalah e-Pedal, yang memungkinkan pengemudi mulai berkendara, mempercepat, melambat dan berhenti, hanya dengan menaikkan atau menurunkan tekanan kaki pada pedal gas.

Dari sisi tampilan, LEAF Nismo ini memiliki eksterior sporty yang dirancang oleh Nismo, divisi Nissan untuk motorsport dan tuning in-house. Menggunakan kelir putih, interior berwarna hitam dan aksen merah khas Nismo. Suspensi sport-tuned, komputer kustom yang memberikan percepatan instan dengan segala kecepatan.

Model Nismo lainnya adalah Minivan Serena Nismo Concept. Berbagai fitur dan kelengkapan Nismo diterapkan pada Nissan Serena namun  tanpa mengorbankan konsep mobil keluarga. Bagian luar mendapat aero kit khusus yang membuat tampilannya semakin agresif. Pada bagian dalam, pengendara akan merasakan ciri khas aksen merah Nismo. Serena Nismo ini juga mendapat sistem suspensi sport-tuned.